Jumat, 08 Maret 2013

Tips memutihkan kulit secara alami


Cara memutihkan kulit muka secara alami


1. Kentang


Masker dari kentang untuk memutihkan kulit secara alami


Kentang merupakan salah satu bahan alami untuk memutihkan kulit dimana kentang digunakan untuk membuat masker pemutih wajah. Kandungan enzim catecholase yang ada pada kentang mempunyai fungsi untuk menghilangkan noda hitam pada wajah dan menjadikan lebih cerah.



Penggunaan masker kentang untuk memutihkan kulit secara alami ini harus dalam kondisi segar, oleh karena itu setiap kali akan memakai masker kentang ini, kita harus mempersiapkan terlebih dahulu karena masker ini tidak dapat di simpan.



Berikut adalah cara yang direkomendasikan oleh Julie Gabriel, dalam buku Green Beauty Recipes:


  • Bahan-bahan yang digunakan untuk memutihkan kulit secara alami dengan menggunakan kentang:
  1. Setengah buah kentang yang tidak terlalu matang atau setengah matang.
  2. Susu segar 1 sendok.
  3. Tepung beras 1 sendok makan.
  • Cara membuat dan menggunakan:

Kentang diparut sampai halus lalu masukan dalam mangkuk kecil, kemudian tambahkan susu dan tepung, aduk sampai rata hingga membentuk pasta kental.



Secara merata dan menyeluruh oleskan masker pada wajah, kurang lebih selama 20 menit biarkan mongering. Gunakan lap yang sudah dibasahi dengan air biasa atau air hangat untuk membersihkan.



Penggunaan masker ini dapat anda lakukan tiap hari atau setiap Anda membutuhkan. Setelah sebulan melakukannya, anda bisa merasakan hasilnya.



2. Jeruk Nipis


Masker dari jeruk nipis untuk memutihkan kulit secara alami

  
Selamai ini jeruk nipis di gunakan sebagai bahan pemutih kulit baik itu di salon kecantikan ataupun kedokteran, karena sifat jeruk nipis yang mampu memutihkan kulit dengan cara pengelupasan sel-sel kulit mati dengan menggunakan produk dengan bahan-bahan aktif.



Kandungan vitamin C yang ada pada jeruk berfungsi untuk membuat kulit menjadi putih, halus dan kencang, serta bermanfaat juga sabagai antioksidan.
Sehingga pemakaian jeruk nipis sebagai bahan pemutih kulit secara alami sangat di anjurkan.


  • Ada dua cara memutihkan kulit secara alami dengan bahan jeruk nipis ini yakni:
  1. Cara pertama yang dapat dilakukan dengan mengkonsumsinya. Dengan mengkonsumsi jeruk membuat kandungan vitamin C yang terserap oleh tubuh akan lebih maksimal.
  2. Cara kedua dapat menggunakan jeruk nipis dari luar. Caranya dengan mengusapkan jeruk nipis pada wajah dan bagian tubuh yang lain setiap hari secara rutin.

3. Paprika


Masker dari paprika untuk memutihkan kulit secara alami


Dalam paprika mengandung senyawa yang mampu memperlancar aliran darah sehingga mampu menigkatkan kecerahan kulit. Caranya pun cukup sederhana, anda tinggal menghaluskan paprika merah atau hijau dengan blender hingga menyerupai pasta kemudian oleskan pada kulit anda. Biarkan beberapa menit, bilas hingga bersih. 



4. Buah Alpukat


Masker dari buah alpukat untuk memutihkan kulit secara alami


Banyak vitamin dan mineral yang terkandung di dalam buah alpukat yang sangat dibutuhkan untuk menyehatkan kulit tubuh dan wajah. Sementara buahnya anda makan, jangan buang kulitnya. Ambil kulit buah alpukat, gosokkan sisi dalam kulit buah alpukat pada kulit tubuh atau wajah anda. Tunggu selama 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.



5. Buah Bengkoang


Masker dari buah bengkoang untuk memutihkan kulit secara alami


Bukti klinis membuktikan bahwa bengkoang yang dipakai sebagai masker wajah atau lulur ke seluruh tubuh mampu membuat kulit tampak bersih, cerah dan putih.



6. Kulit Jeruk


Masker dari kulit jeruk untuk memutihkan kulit secara alami



Kulit jeruk yang menganduk minyak esensial dan vitamin yang sangat efektif untuk memutihkan kulit. Untuk menjadikan kulit jeruk sebagai pemutih wajah, maka hal yang perlu dilakukan adalah mengeringkan kulit jeruk terlebih dahulu.



Pengeringan kulit jeruk dapat dilakukan dibawah sinar matahari. Ketika kulit jeruk sudah benar-benar kering, maka langkah selanjutnya adalah menghaluskannya dengan cara memblender sampai membentuk bubuk.



Bubuk kulit jeruk kemudian dicampur dengan susu secukupnya, sehingga campuran bubuk kulit jeruk dengan susu telah berbentuk pasta. Pasta kulit jeruk dan susu ini bisa digunakan untuk memutihkan wajah anda.



Terapkan ini diwajah anda hingga kering, setelah itu bilas dengan air hangat. Lakukanlah pemakaian pasta kulit jeruk dan susu ini sampai didapatkan hasil yang maksimal.



7. Susu


Masker dari susu untuk memutihkan kulit secara alami



Sudah pasti yang digunakan adalah susu sapi segar tapi bila anda kesulitan menyediakan susu segar sebanyak satu bath tub penuh yang tentunya akan menguras kantong, coba saja tips sederhana ini teteskan beberapa tetes susu segar ke kain bersih, gunakan kain tersebut untuk menggosok-gosok bagian tubuh anda yang gelap.



Ulangi hal tersebut sampai seluruh tubuh mendapat bagiannya. Mandi susu terbukti mampu mengurangi dan bahkan menghilangkan bintik-bintik hitam pada kulit, menghilangkan sel-sel kulit tubuh yang mati serta memberi kecerahan pada kulit.



8. Tomat


Masker dari tomat untuk memutihkan kulit secara alami



Tomat kaya akan vitamin C yang bermanfaat untuk memutihkan kulit. Banyak kosmetik pencerah kulit yang memakai ekstrak tomat sebagai bahan aktifnya. Nah, jika anda ingin memakai tomat segar sebagai pemutih kulit, ambil tomat berukuran besar lalu parut.



Tambahkan 2-3 tetes air perasan lemon dan beberapa tetes air mawar, aduk hingga rata. Oleskan pada wajah dan leher dengan kuas, diamkan selama 15 menit, lalu bilas. Lakukan cara ini setidaknya seminggu sekali.  



9. Almond


Masker dari almond untuk memutihkan kulit secara alami



Almond dapat membantu mengurangi kegelapan warna kulit, sehingga kulit akan terlihat lebih terang. Cara praktis dan alami untuk menggunakan almond untuk memutihkan kulit adalah dengan mencampurkan almond dengan susu dan sedikit kunyit.



Caranya, pada pagi hari, rendam 4-5 biji almond dan satu ruas kunyit dalam susu cair. Pada malam harinya, keluarkan kunyit, lalu haluskan almond dalam susu tersebut hingga terbentuk pasta.



Oleskan campuran ini pada wajah dan leher dan biarkan semalaman. Setelah itu, pada pagi harinya bilas dengan air dingin dan bersihkan. Untuk hasil yang optimal, lakukan cara ini 2 minggu sekali.



10. Chamomile


Masker dari chamomile untuk memutihkan kulit secara alami


Bunga ini bisa berfungsi sebagai bahan alami untuk mencerahkan kulit wajah. Chamomile juga memiliki banyak kandungan untuk mengatasi mata yang bengkak. Anda hanya perlu mencelupkan kantong teh Chamomile ke dalam air panas, dan biarkan sampai dingin. Kemudian, tempelkan kantong teh pada mata. Lakukan hal ini selama dua minggu untuk melihat hasilnya.



11. Yogurt


Masker dari yogurt untuk memutihkan kulit secara alami


Dengan mencampur sedikit madu dan kemudian oleskan pada kulit wajah anda, biarkan selama 10 menit kemudian bisa dibersihkan dengan air. Masker berbahan yogurt ini bisa menghaluskan kulit wajah anda.



Cara memutihkan kulit kaki



1. Wortel


Masker dari wortel untuk memutihkan kulit secara alami


Ambil beberapa wortel lalu parut dan campur dengan body lotion. Karena wortel mengandung betakoren yang bisa membantu menghilangkan noda hitam pada kulit.



2. Gula


Scrubbing dari gula untuk memutihkan kulit secara alami



Gula butiran-butiran gula pasir juga bisa digunakan untuk scrubbing. Ambil dua sendok makan gula dengan buah-buahan yang anda suka (alpukat, strowberry, pisang) lalu campurkan keduanya. Tambahkan pula dua sendok makan madu pada campuran diatas. Ramuan ini akan membuat kulit lebih mulus dan bersinar.



3. Beras


Masker dari beras untuk memutihkan kulit secara alami


Ambil segenggam beras lalu tumbuk dan campur dengan sedikit minyak zaitun. Campuran berbahan dasar tepung beras ini berguna untuk menghaluskan kulit serta memperlambat keriput pada kulit. 



Cara memutihkan kulit ketiak



1. Sari buah lemon dan parutan mentimum


Buah Lemon


Pertama-tama, peras buah lemon dan ambil airnya, campurkan dengan parutan buah mentimun. Aduk hingga merata adonan tersebut dan balurkan ke ketiak anda. Tunggu selama 20 menit dan bilas dengan air bersih. Lakukan rutin sekali sehari.



2. Kapur sirih dan jeruk nipis


Kapur Sirih


Campurkan dulu air kapur sirih dan air perasan jeruk nipis kemudian aduk sampai merata. Setelah diaduk dengan merata, ambil kuas dan oleskan ramuan tadi pada ketiak anda.



Biarkan beberapa saat hingga ramuan tadi meresap ke dalam kulit ketiak dan bilas dengan air bersih. Lakukan hal tersebut rutin selama sekitar dua minggu maka kamu akan terkejut melihat hasilnya kulit ketiak anda sekarang terlihat agak putih dan tidak legam seperti dulu.





Tidak ada komentar: